Ingin Membasmi Hama Rayap Secara Tuntas, Lakukan Beberapa Hal Berikut Ini

Serangga kecil yang mengerikan ini kerap merusak perabotan rumah Anda bukan? Ya, rayap merupakan hama bagi manusia karena mereka mampu menghancurkan bagian rumah Anda yang terbuat dari kayu. Hewan ini akan berkembang biak dengan cepat ditempat yang lembab dan tidak terpapar sinar matahar terutama berada pada bahan berbahan dari kayu.

Jika Anda memiliki banyak furniture yang terbuat dari kayu sebaiknya harus ekstra hati-hati, karena tidak menutup kemungkinan akan ditinggali dan dirusak rayap.

Bagaimana Cara Membasmi Rayap Agar Tidak Datang Lagi ke Rumah Anda?

Ada banyak cara untuk mengusir atau membasmi rayap dari rumah Anda. Cara yang paling efektif tentusaja dengan memanggil jasa pest control atau layanan pengendalian hama. Selain bisa berhasil memusnahkan rayap dan hama penggangu lainnya, layanan ini juga juga biasanya akan menawarkan jasa pemeriksaan rutin secara berkala agar rumah Anda benar-benar terbebas dari rayap.

Biasanya, pembasmi hama akan menggunakan zat anti hama dengan cara menyemprotkan ke area rumah yang ditinggali rayap atau hama lainnya. Anda bisa mencoba untuk menggunakan layanan pest control terbaik. Mereka merupakan layanan pengendali hama terbaik dan akan membantu merawat rumah Anda dari serangan hama. Anda bisa berkonsultasi mengenai permasalahan yang Anda hadapi kepada pemberi jasa anti rayap melalui layanan yang telah mereka sediakan. Misalnya WA atau Live Chat

Selain memanggil jasa pembasmi rayap, membasmi rayap juga bisa dilakukan oleh Anda sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara membasmi rayap sampai tuntas yang bisa Anda coba sendiri.

  • Membuat perangkap rayap

Cara yag pertama membasmi rayap sampai habis adalah dengan membuat sebuah perangkap rayap. Cara membuat perangkap ini sangat mudah sekali karena dibua dari bahan yang mudah ditemukan, yaitu: kardus bekas. Siapkan beberapa lembar kardus bekas bisa 3 sampai 6 lembar kardus (sesuaikan dengan jumlah rayap yang ingin Anda basmi), siapkan juga beberapa selembar kertas. Silahkan basahi kardus dan kertas sampai lembaba (jangan terlalu basah) kemudian letakkan kertas dan kardus basah tersebut ditempat yang dihuni oleh rayap.

Kardus dan kertas yang lembab akan memancing rayap untuk datang karena beraroma seperti kayu. Rayap akan datang dan memakan tempat tersebut karena kardus atau kertas mengandung selulosa sehingga mereka akan memakan dan tinggal disana. Setelah rayap terjebak disana, Anda bisa membuangnya ke kebun, membakar nya, atau memberikan rayap kepada hewan peliharaan seperti ayam dan burung.

  • Gunakan Nematoda

Nematoda adalah bakteri patogen yang bisa membunuh rayap, persis seperti bakteri atau virus mematikan yang menginfeksi pada manusia. Caranya adalah, semprotkan cairanyang mengandung nematoda ke area yang ditinggali rayap. Cairan nematoda yang disemprotkan akan melepaskan bakteri patogen yang bersifat merusak bagi tubuh rayap.

Nematoda sangat efektif untuk membasmi rayap karena kemampuannya untuk menginfeksi seluruh koloni rayap. Selain itu, nematoda juga ternyata tidak hanya bisa menginfeksi rayap, melainkan juga mampu membunuh serangga lainnya. Sehingga bisa memastikan rumah Anda terbebas dari segala jenis hama serangga. Menyemprotkan nematoda bisa Anda lakukan sendiri atau melalui jasa pest control.

  • Gunakan Asam borat

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengan memakai asam borat. Anda bisa menggunakan bubuk asam borat yang dicampurkan dengan propilen glikol. Semprotkan lauratan cairan tersebut ke furnitur yang dijadikan sarang oleh rayap. Saat menggunakan larutan ini, kami sarankan untuk memakai sarung tangan, karena zat asam borat bisa menyebabkan iritasi pada kulit Anda. Selain bisa membasmi rayap, asam borat juga sangat efektif untuk melumpuhkan kecoak dan semut. Menggunakan asam borat dengan bantuan jasa pest control tentu saja menjadi pilihan yang paling baik.

Itulah cara untuk membasmi rayap sampai benar-benar tuntas. Tertarik untuk mencoba? Mudah-mudahan rumah Anda terbebas dari rayap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *